Memilih Cara Belajar yang Paling Efektif

Memilih Cara Belajar yang Paling Efektif

studijos.info – Mengetahui apa itu dan bagaimana mereka dapat membantu kita memperoleh strategi belajar pengetahuan baru adalah penting untuk memaksimalkan jam belajar kita. Ketika kita memutuskan untuk belajar atau menambah pengetahuan kita tentang suatu subjek, tujuannya adalah melakukannya dengan cara yang paling efektif; dan untuk mencapai ini perlu mengetahui dan mengelola strategi belajar yang berbeda.

Tampaknya mudah, tetapi kenyataan menunjukkan sedikitnya pengetahuan tentang masalah ini. Untuk memulai, penting untuk memahami apa strategi belajar itu. Pada kenyataannya, mereka tidak lebih dari serangkaian kegiatan, taktik, dan sumber daya yang kita gunakan secara sadar untuk mencapai tujuan tertentu. Kita secara reflektif menggunakan satu strategi atau lainnya tergantung pada apa yang ingin kita capai.

Terkadang kebingungan antara strategi dan teknik belajar adalah normal. Teknik adalah tindakan atau aktivitas spesifik yang dilakukan seseorang untuk belajar. Teknik adalah, misalnya, menggaris bawahi teks, penjabaran skema, peta konsep atau ringkasan.

Yang benar adalah bahwa teknik dan strategi sangat dekat karena strategi belajar tidak akan efektif jika teknik belajar tidak diketahui dan dikuasai sebelumnya. Singkatnya, strategi belajar memandu dan membantu kita menemukan cara belajar yang paling efektif.

Jenis Strategi Belajar

Ada beberapa klasifikasi yang berbeda dari jenis strategi belajar, tetapi di antara yang umum adalah sebagai berikut:

Membuat Tautan

Ini adalah strategi di mana, untuk mempelajari subjek baru, apa yang dilakukan adalah membangun hubungan antara apa yang sudah diketahui dan apa yang baru. Dengan cara ini, apa yang belum kita peroleh atau berasimilasi lebih cepat diintegrasikan ke dalam pikiran kita karena kita menghubungkannya dengan sesuatu yang sudah kita ketahui. Ketika belajar dengan jenis strategi belajar ini umumnya membuat analogi atau menggambarkan secara ringkas bagaimana materi baru itu terkait dan apa yang sudah akrab bagi kita. Saat menggunakan strategi ini, siswa membuat catatan, ringkasan atau menjawab pertanyaan.

Penataan

Belajar dengan strategi ini, kita mengatur isinya sehingga perolehannya lebih mudah bagi kita dan kita mengasimilasi dan melabuhkan pengetahuan itu dengan baik. Ini adalah cara yang cukup efektif karena dalam penataan subjek kita sudah melakukan latihan analisis dan pemahaman. Untuk menerapkan strategi belajar ini, sangat umum untuk membuat rangkuman, garis bawah, skema atau peta pikiran yang mengandung konsep-konsep kunci.

Pengulangan Konten

Dasar dari strategi belajar ini adalah pengulangan dari konten yang ingin kita peroleh. Metode kerja melalui pengulangan konten adalah bahwa orang yang belajar mengasimilasi subjek tertentu, mengulangi konten secara lisan atau tertulis. Pengulangan sadar ini mendukung bahwa materi secara bertahap diintegrasikan ke dalam pikiran kita. Beberapa contoh strategi pengulangan adalah mengulangi istilah-istilah kunci dengan keras, menyalin konsep yang paling penting atau menandainya dalam sebuah teks.

Review yang Diperoleh

Strategi ini menuntut orang yang sedang mempelajari atau mempelajari sesuatu untuk secara sadar meninjau semua yang mereka lakukan untuk belajar. Yaitu, menganalisis dan mengevaluasi apa yang telah Anda lakukan dan apa yang telah Anda capai. Ini menyiratkan latihan evaluasi yang tulus pada keberhasilan yang dicapai dan apa yang masih perlu dipelajari. Berdasarkan informasi ini, Anda dapat membuat rencana yang memungkinkan Anda untuk mengarahkan perilaku Anda ke arah tujuan yang telah ditetapkan.

Itulah jenis strategi untuk belajar. Semoga dengan mengetahui strategi ini anda dapat menentukan mana yang cocok untuk anda terapkan. Untuk hal-hal lain tentang belajar dan mungkin anda membutuhkan materi tentang mata pelajaran apapun dari SMP, S2 hingga UMUM langsung saja kunjungi website gurupendidikan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *